S1 Informatika ST3 Telkom Bentuk Tempat Uji Kompetensi (TUK)

Purwokerto – Untuk menciptakan sarjana/lulusan yang kompeten dibidang ICT dan siap menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Sekolah Tinggi Teknologi Telematika (ST3) Telkom Purwokerto baru-baru ini telah menjalin kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Ketua ST3 Telkom Purwokerto, Prof. Drs. Agus Irianto, MSc., PhD dalam sambutannya mengatakan kerjasama ini dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi ST3 Telkom untuk turut berperan aktif dalam mencetak tenaga ahli di bidang ICT. ST3 Telkom berkomitmen penuh terhadap kesiapan dan kompetensi lulusan, dengan membentuk Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri Informatika dan menyediakan fasilitas ruang kelas maupun laboratorium serta sumber daya manusia untuk menjalankan program sertifikasi kompetensi.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika, Muhaemin, S.Kom, MM, M.Kom mengatakan kesiapannya dan mendukung penuh pembentukan TUK Mandiri Informatika oleh Program Studi S1 Teknik Informatika ST3 Telkom dalam upaya mewujudkan lulusan yang unggul serta kompeten sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri ICT.

Dalam hal ini LSP akan melakukan bimbingan teknis dan pendampingan penyelenggaraan TUK. Menyediakan konsultasi dan pendampingan pembenahan kurikulum (termasuk bahan ajar yang diracik oleh Expert Dosen APTIKOM), pelaksanaan training khusus  yang mengacu kepada elemen kompetensi sesuai skema sertifikasi yang diselenggarakan oleh LSP Informatika. Menyediakan tenaga asesor kompetensi dan bantuan untuk menyalurkan SDM yang telah lulus uji kompetensi kepada pihak industri yang membutuhkan.

Adapun skema sertifikasi yang akan diselenggarakan meliputi Programmer, Network Specialist, Enterprise Architect, IT Audit, dan IT Project Manajemen yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

“TUK Mandiri Informatika ST3 Telkom tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan dari ST3 Telkom melainkan juga untuk masyarakat secara umum yang menginginkan kompetensinya diakui secara nasional. Sertifikat yang dikeluarkan langsung dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Indonesia. Dalam waktu dekat ini akan diadakan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi kerja (PSKK) di ST3 Telkom,” ujar Didi Supriyadi, ST M,Kom selaku Kaprodi S1 Teknik Informatika sekaligus menjabat sebagai Ketua TUK Mandiri Informatika ST3 Telkom Purwokerto.

Share This Post

About Author: didisupriyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =