Rancang Bangun Sistem Penglolaan Jabatan Fungsional Akademik Dosen Di ST3 Telkom Purwokerto

ABSTRAK

Tugas utama seorang dosen adalah mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tugas- tugas seorang dosen tersebut hendaknya senantiasa dievaluasi dan dinilai secara rutin melalui Beban Kerja Dosen. Pendokumentasian Beban Kerja Dosen pada STT Telematika Telkom Purwokerto masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama jika dosen ingin melakukan pengusulan Jabatan Fungsional Akademik (JaFa). Proses pendokumentasian yang masih manual ini menjadi dasar untuk pembuatan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Jabatan Fungsional Akademik Dosen di STT Telematika Telkom Purwokerto. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah adanya suatu rancang bangun yang tepat untuk pembangunan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Jabatan Fungsional Akademik Dosen di STT Telematika Telkom Purwokerto.

Kata Kunci: Tri Darma Perguruan Tinggi, Jabatan Fungsional Akademik, Sistem Informasi

1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pendidikan tinggi adalah pendidikan pada jalur pendidikan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi daripada pendidikan menengah di jalur pendidikan sekolah. Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Tenaga pendidik pada perguruan tinggi disebut dosen  (Presiden Republik Indonesia, 1999). Pengakuan kedudukan dosen sebagai tenaga profesional akan dibuktikan dengan sertifikat pendidik (Republik Indonesia, 2005). Tugas utama seorang dosen adalah mentransformasikan,  mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Republik Indonesia, 2009). Kompetensi tenaga pendidik, khususnya dosen, diartikan sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diwujudkan oleh dosen dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional (Dikti,2010).
Tugas pokok dosen adalah melaksanakan TriDarma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta melaksanakan kegiatan penunjang lainnya. Terkait dengan tugas pokok tersebut, dosen berhak menyandang jabatan fungsional. Jabatan akademik dosen terdiri dari pangkat/golongan dan jabatan fungsional, dimana kedua berfungsi untuk mengontrol kualitas dosen di Indonesia (Sugiarti,2011).

Selengkapnya dapat di unduh di dokumen. Sisilia Thya Safitri Sentika

Share This Post

About Author: AM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =