Program Hibah Bina Desa

Mahasiswa adalah luaran dari sistem pendidikan nasional yang akan menjadi penggerak bangsa di masa depan. Oleh karena itu, salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dapat diukur dari kualitas mahasiswanya saat ini. Mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang memiliki multi kecerdasan, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial. Oleh karena itu, proses pembelajaran perguruan
tinggi harus mampu mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa serta mampu membangkitkan, menumbuhkan, dan mengembangkan berbagai dimensi kecerdasan tersebut.
Soft skills mahasiswa dapat dikembangkan melalui berbagai program, salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat. Sehubungan dengan itu Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun membangun desa, melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD).
PHBD adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat/pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun Himpunan Mahasiswa semisal Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF). Mahasiswa pelaksana PHBD ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Di sisi lain, masyarakat desa diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat.
Sasaran penyelenggaraan PHBD adalah:
  1. Membentuk mahasiswa yang berkarakter positif, empatik, peduli, ulet dan kreatif, bertanggung jawab dan mampu bekerjasama untuk memberdayakan masyarakat;
  2. Menemukan atau mengembangkan potensi desa untuk pemberdayaan masyarakat;
  3. Membangun kerjasama yang baik antara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat khususnyayang tinggal di pedesaan.
Tujuan penyelenggaraan PHBD adalah untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan, melalui program pengabdian kepada masyarakat yaitu:
  1. Membantu mengatasi permasalahan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan yang dihadapi masyarakat desa melalui upaya peningkatan kesadaran, wawasa/pengetahuan dan keterampilan;
  2. Menerapkan teknologi tepat guna dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner;
  3. Menjadikan lokasi PHBD sebagai desa binaan kampus.
Tema Hibah Bina Desa antara lain:
  1. Pengentasan kemiskinan;
  2. Kesehatan, penyakit tropis, gizi & obat – obatan;
  3. Pendidikan;
  4. Ketahanan dan keamanan pangan;
  5. Energi baru dan terbarukan;
  6. Keragaman hayati;
  7. Mitigasi bencana;
  8. Seni dan budaya/industri kreatif/pariwisata;
  9. Teknologi informasi dan komunikasi
 Adapun untuk lebih detailnya silahkan download Pedoman-PHBD-2016 Desa berikut dari RISTEKDIKTI.
Share This Post

About Author: didisupriyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − five =