Pelatihan Pemrograman JAVA

Mahasiswa informatika ST3Telkom mengadakan pelatihan bersama untuk mengenal bahasa pemrograman JAVA rabu, 12 februari 2015. Pelatihan ini di lakukan karena mengingat bahwa banyaknya mahasiswa informatika yang masih belum paham betul dengan bahasa pemrograman yang satu ini maka dari itu HIMA Informatika di dalam devisi Litbang (penelitian dan pengembangan) berinisiatif untuk membantu atau sharing ilmu tentang pemahaman bahasa pemrograman JAVA.

Apa sih JAVA itu?

Menurut Aditya wibowo selaku pemandu pada pelatihan tersebut menuturkan bahwa JAVA merupakan bahasa pemrograman dimana java bisa dijalankan di semua platform,  maksudnya java merupakan bahasa pemrograman yang fleksibel bisa di gunakan untuk pembuatan di website, desktop ataupun mobile dalam satu pengcompile – an program. Inilah yang membuat JAVA berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya seperti C++, Visual Basic, PHP, dll.

Pelatihan Java

Pada pelatihan tersebut, materi yang diberikan seputar pemahaman umum tentang JAVA, bagaimana menjalankan/mengcompile program dan mengenal tipe data yang ada di JAVA. Pemrograman JAVA merupakan pemrograman berorientasi object. Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek. Untuk menjalankan pemrograman JAVA bisa menggunakan Text editor dalam hal ini aplikasinya notepad dan program console yang aplikasinya neatbeans. Beberapa keunggulan java yaitu java merupakan bahasa yang sederhana. Java dirancang agar mudah dipelajari dan digunakan secara efektif. Java tidak menyediakan fitur-fitur rumit bahasa pemrograman tingkat tinggi, serta banyak pekerjaan pemrograman yang mulanya harus dilakukan manual, sekarang dikerjakan Java secara otomatis seperti dealokasi memori. Bagi pemrogram yang sudah mengenal bahasa C++ akan cepat belajar susunan bahasa Java namun harus waspada karena mungkin Java mengambil arah (semantiks) yang berbeda dibanding C++. Bahasa pemrograman yang sedikit identik dengan JAVA yaitu c++ hanya saja bedanya pada structure  penulisan programnya saja, dan menurut Adit java merupakan bahasa pemrograman yang case sensitive, yaitu bahasa pemrograman yang sensitive terhadap besar atau kecil penulisan codingnya, jika tidak teliti dalam menuliskan syntaxnya maka akan terjadi error/ program tidak bisa menampilkan output yang diinginkan.

Harapanya setelah pelatihan tersebut mahasiswa informatika ST3Telkom dapat lebih mengenal dan memahami bahasa pemrograman JAVA, agar nanti saat ada matakuliah tentang bahasa pemrograman JAVA mahasiswa tidak akan kebingungan.

penulis: Dila Nurlaila

Share This Post

About Author: didisupriyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − four =