Latihan Dasar Kepemimpinan Informatika 2016

S1 Informatika, ST3 Telkom – Himpunan Mahasiswa S1 Informatika adakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan tema “Upgrade Yourself and Lead the World”, yang diikuti oleh hampir seratur mahasiswa S1 Informatika dan pengurus HMIF dan beberapa pengurus DPM IF yang belum memiliki sertifikat LDK. Acara yang diadakan 3 hari berturut-turut pada 25-27 November 2016 di kawasan Telkom Terpadu. Melalui serangkain acara yang diadakan pada kesempatan kali inilah diharapkan seluruh mahasiswa yang mengikuti mampu menjadi pemimpin yang baik. Selain untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, tujuan dari LDK Informatika 2016 ialah untuk menjadi syarat para peserta menjadi pengurus HMIF dan DPM IF serta badan-badan organisasi lainnya yang ada di ST3 Telkom Purwokerto.

Peserta dan Panitia LDK IF 2016

Hari Pertama

Penyematan Kepada PesertaLDK IF 2016 dibuka dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pada 25 November 2016 bertempat di lapangan volley ST3 Telkom Purwokerto dipimpin oleh Ketua Pelaksana, Nuriman Aditya Putra. Tak lupa, sambutan dari Kepala Program Studi S1 Informatika, Didi Supriyadi, S.T., M.Kom.. Beliau menginginkan Latihan Dasar Kepemimpinan ini dapat diikuti dengan khidmat dan dapat memberikan dampak positif oleh seluruh peserta yang mengikuti. Beliau berkata, “Yang tidak kuat dan tidak ingin mengasah jiwa kepemimpinan dan tak ingin menjadi orang yang lebih maju, mundurlah dari sekarang!,”.

Sambutan LDK IF 2016

Foto Dari Kiri: Ketua Pelaksana, Kepala Program Studi IF, Waket 2 ST3 Telkom

Imam Muhammadi PB, M.T. dalam sambutannya, beliau ikut menyampaikan materi kepada seluruh peserta mengenai bagaimana dapat memiliki jiwa kepemimpinan, dimana jiwa kepemimpinan dan solidaritas merupakan jiwa besar yang harus dilatih mulai dari sekarang. Di ST3 Telkom sendiri, jiwa tersebut sudah mulai diadakan oleh seluruh civitas akademika, diawali saat para mahasiswa baru saja masuk ke dalam lingkungan kampus dengan mengikuti Today (Telkom Orientation Days). Beberapa point-point tentang kriteria menjadi pemimpin disampaikan oleh beliau, beberapa diantaranya adalah mindset dan jiwa yang besar, keteladanan, menghargai waktu, disiplin, rajin, integritas dan loyalitas, serta kepercayaan yang besar terhadap apapun keyakinan dan agamanya.

Hari Kedua

Lanjut pada hari kedua, pemateri menyampaikan materinya masing-masing di aula ST3 Telkom bertahap mulai dari Didi Supriyadi, S.T., M.Kom. tentang Pengembangan dan Potensi diri, Heru Priyatno, S.T., M.B.A. tentang Realita dan Persepsi Komunikasi, Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T. tentang VUCA Thinking and Problem Solving, dan Irwan Susanto, S.T., M.M. serta Aby Mahyu tentang Pemimpin Manajemen Global dan Ketulusan Hati Seorang Pemimpin.

Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T.

Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T.

Tuk sedikit memberikan hiburan kepada seluruh peserta LDK, panitia menyiapkan Game dan Ice Breaking yang dilaksanakan di Aula ST3 Telkom Purwokerto malam hari pukul 19.30 WIB. Game Ranking 1 yang akhirnya dimenangkan oleh Aditya Rizky Utama dan Hilman Singgih Wicaksana.

Hari Ketiga

Hari ketiga dalam LDK merupakan hari para peserta lebih banyak mendapatkan materi yang dilaksanakan di luar ruangan. Awal acara, seluruh peserta diajak untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan melakukan senam yang diinstrukturi oleh Ilyas Hanif dan Ceisar Nova dari Panitia LDK serta pematerian dari Kasdim dan Koramil. Praktek yang dilakukan oleh Kodim dan Koramil  di Area Telkom Terpadu adalah PBB (Pelatihan Baris Berbaris).

dsc_0417

Di dalam ruangan, Kasdim 0701/Bms Mayor Inf Amir Ma’ruf, Spd, menyampaikan beberapa materi mengenai bagaimana menginkatkan kinerja dan fokus pada tim sehingga mampu menjadi tim yang solid seperti pengalamannya menjadi komandan pleton saat menghadapi baku tembak di wilayah Aceh.

Bagi pihak ST3 Telkom Purwokerto yang ingin mengakses dan melihat foto-foto, silahkan masuk ke dalam link berikut ini:

Kumpulan Foto LDK Informatika 2016

.

(Rendy Andriyanto)

Share This Post

About Author: didisupriyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =