• latihan dasar kepemimpinan

Latihan Dasar Kepemimpinan HMIF ST3 Telkom

ST3 Telkom, S1 Informatika – Himpunan Mahasiswa S1 Informatika adakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dengan tema “membentuk generasi pemimpin yang sehat beretika profesi dan penuh semangat pembaharuan untuk kemandirian bangsa Indonesia”, khususnya program studi S1 informatika dalam berorganisasi baik internal maupun eksternal pada 4 s.d. 6 Desember 2015 di kawasan Telkom Terpadu dengan dibantu oleh seluruh dosen S1 Informatika, UKM Manggala, SKI (Sentral Kerohanian Islam) ST3 Telkom, dan Rohkris (Rohani Kristen) ST3 Telkom sebagai pemateri pada masing-masing sesi yang diikuti oleh lebih dari 70 mahasiswa dari seluruh angkatan.

Hari Pertama

apel latihan dasar kepemimpinanHari pertama (04/12/2015) berlangsung, apel pembukaan diawali di lapangan futsal ST3 Telkom dengan dihadiri oleh peserta yang seluruhnya menggunakan pakaian rapih lengkap dengan almamater ST3 Telkom, hingga apel selesai acara dilanjutkan di aula lantai 3 gedung 1 ST3 Telkom. Pada awal-awal acara, pematerian diisi oleh Didi Supriyadi, S.T.,M.Kom., kepala program studi S1 Informatika ST3 Telkom yang memberikan materi mengenai management kepemimpinan dan organisasi agar mempunyai jiwa individu pemimpin suatu kelompok demi sebuah kemajuan. Antara materinya tersebut, Didi Supriyadi, S.T.,M.Kom. memunculkan pepatah yang disampaikan oleh Bob Proctor, “Life either happens by design or default, you choose.” sambil berkata, “Hidup haruslah mempunyai mimpi dan tujuan, karena hidup yang baik adalah hidup yang kita desain sendiri dengan baik,”.

demo latihan dasar kepemimpinanPeserta tambah bersemangat ketika Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T. dan Andika Elok Amalia, S.T., M.T. menyampaikan materi mengenai demonstrasi yang lebih banyak diisi dengan video cuplikan-cuplikan demonstrasi yang pernah dilakukan di Indonesia serta pemberian langsung contoh kasus demo yang harus dihadapi oleh seluruh peserta agar seluruh peserta dapat langsung mempraktikkan apa yang sudah disampaikan oleh pemateri, mulai dari tata cara, syarat, dan bagaimana melaksanakan demonstrasi agar dapat diterima dengan baik oleh khalayak umum dan mampu memberikan makna-makna yang bermanfaat.

Tak ingin ketinggalan memberikan materi, panitia inti dari LDK juga ikut serta memberikan materi dengan berupa film berceritakan perjuangan seorang suami tak berpenghasilan tinggi yang ditinggalkan oleh istrinya karena sudah tidak tahan lagi hidup bersamanya, hingga selesai film tersebut mampu membuat beberapa peserta merasakan maknanya secara mendalam hingga menangis terharu.

Hari Kedua

Lanjut pada hari kedua (05/12/2015) materi diisi oleh Irwan Susanto, ST.,M.M. mengenai relasi dalam hidup serta teknik-teknik me-lobby yang harus diterapkan pada suatu organisasi. Pada akhir pemateriannya, beliau menyampaikan agar di dalam hidup kita harus menjadi orang yang dipilih, bukan memilih. Dua dosen S1 Informatika ST3 Telkom lainnya, yaitu Indra Hidayatulloh, S.Kom., M.T. dan Isna Alfi Bustoni, S.T., M.Eng. menyampaikan materi mengenai kemandirian mahasiswa serta memberikan motivasi-motivasi kepada seluruh peserta untuk semangat dan selalu giat dalam belajar agar mampu mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Untuk lebih menyakinkan seluruh peserta, Isna Alfi Bustoni, S.T., M.Eng. menampilkan beberapa fotonya saat sedang kuliah di luar negeri.

Hari Ketiga

ukm manggala latihan dasar kepemimpinanLatihan Dasar Kepemimpinan (LDK) semakin seru ketika memasuki hari ketiga (06/12/2015) karena hampir seluruh kegiatannya adalah outdoor, mulai dari senam hingga pematerian dari UKM Manggala ST3 Telkom yang melatih seluruh pesertanya mengenai solidaritas dan tanggung jawab antar anggota satu dengan anggota lainnya.

Apel penutupan yang dilakukan di Aula lantai 3 gedung 1 ST3 Telkom Purwokerto, kepala program studi S1 Informatika, Didi Supriyadi menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta Latihan Dasar Kepemimpinan, “Jiwa leadership akan selalu dibutuhkan, industry tak hanyamembutuhkan hardskill, tapi juga membutuhkan hardskill. Semoga seluruh peserta disini dapat menyampaikan, mengembangkan dan menerapkan seluruh materi yang sudah disampaikan oleh pemateri. Jangan lupa juga untuk selalu jalin hubungan antar individu dan organisasi,”.

foto bersama latihan dasar kepemimpinan

.

(Rendy Andriyanto)

Share This Post

About Author: didisupriyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 − 1 =